RAGIL

Ragil

RAGIL..
  Dalam istilah bahasa jawa adalah anak yang terkecil dari hirarki anak dalam silsilah kekeluargaan.
Ragil bisa juga di katakan karena beberapa hal yang menyebabkan anak di sebut ragil. Dalam hal ini bukan rada g*la ya. Namun dari kata RAGIL ada beberapa kesimpulan yang saya sendiri baru fikirkan.

  Jadi gini disaat saya pagi hari ini 9/02/2016 pukul 5:30 WIB saya sedang belanja di pasar Karanganyar - Kebumen. Saya di tanya seseorang kakek tua

Kakek : " apakah ini anak pertama? "
Saya : " Bukan kek, ini yang ragil kek, yang pertama sudah kelas 3 SD kek "
Kakek : " Huz jangan bilang ragil " lalu kami terdiam, dan saya berfikir.

  Ternyata ada makna luas juga yah mengatakan anak sebagai ragil atau bungsu. Yang terbersit dalam benak saya tentang larangan kakek tadi menyebut anak yang tadi saya ajak shoping di pasar. Saya berfikir tentang why saya dilarang menyebut ragil " Apakah ini juga termasuk doa yang ber imbas dia menjadi ragil permanen yang di sebabkan dia tidak punya adek lagi yang dikarenakan banyak kemungkinan.

  Kemungkinan negativnya saya minggat atau ibunya anak minggat baik minggat di akhirat atau dimana gak tau atau minggat lainya.
  Kemungkinan positifnya bisa berupa dia di kemudian hari di beri adik oleh ALLOH tentunya melalui wanita tentunya.

   Nah saya jadi berfikir ternyata menyebut istilah dalam silsilah keluarga bisa mengandung perantara doa. Bisa doa yang tadinya ada menjadi tidak ada atau doa yang tadinya tiada menjadi ada. Maka pergunakanlah istilah silsilah keluarga secara bijak dengan menempatkan sesuai tempatnya, misal sedang berbincang dengan teman dan teman menanyakan ini anak yang ragil apa yang besar. Maka tinggal di sesuaikan saja jawabanya atau simplenya saat ini dia sedang menjadi anak ke sekian dari sekian anak yang ada dari ibunya yang bernama abcd misal.

   Kesimpulanya ya berapapun anaknya setiap kita menjawab pertanyaan orang kepaa kita, ya kita jawab saja saat ini si x anak yang ke sekian. Dari saya tulisan ini cukup sekian mohan maaf jika terdapat kesalahan mohon maaf yang setulus hati. :D jaga iman, jaga kesehatan, selalu menebar kebaikan, dan beramal soleh semangat untuk semua dan selamat beraktifitas.




Share:

0 komentar

BANYAK DI CARI

MEMBUAT SHORTEN URL DENGAN goo.gl

Cara membuat Shorten URL. Sebelum kita lanjutkan, kita cari tahu dulu apa itu Shorten URL? Di antara pembaca pasti ada yang sudah tau tent...